Friday, 4 November 2016

Cara Mudah Instal Windows 10, 8, 7, dan XP Menggunakan Flashdisk, CD, dan DVD di PC/Komputer dan Juga Laptop

Baca Juga :

Cara Instal Windows di PC Menggunakan Flashdisk, CD, dan DVD Dengan Mudah

Cara Instal windows melalui Flashdisk CD/DVD
Halo selamat datang lagi di Blogger Newbie, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sedikit artikel mengenai cara instal ulang windows menggunakan flashdisk, CD, dan DVD terutama windows 10, karena saya akan menggunakan windows 10 untuk praktek tutorial ini(tidak jauh berbeda proses instal windows 10, dengan keluarga windows yang lainnya).

Windows 10 merupakan sistem operasi windows dari microsoft yang paling anyar lebih khususnya lagi windows 10 anniversary edition(tampilannya bisa diliat digambar atas). kelebihan sistem operasi yang diluncurkan oleh perusahaan microsoft ini sangat banyak sekali mulai dari pengoprasiannya yang sangat mudah dan memasyarakat, fitur-fitur yang diberikanpun segudang banyaknya, sayang nya sistem operasi ini harus berbayar, meskipun pada saat peluncuran windows 10 anniversary dibagikan secara gratis oleh microsoft di situs resminya selama beberapa bulan di tengah tahun 2016 yang lalu.

Fitur-fitur pembaruan yang ditambahkan di windows 10 ini sangat banyak sekali diantaranya adalah :

  • Mulai dari dikembalikannya lagi tombol menu start yang sebelumnya telah ditiadakan pada windows sebelumnya yaitu windows 8 dan 8.1, dimana banyak user windows kawakan yang kesulitan untuk mengakses ke program lainnya  dimana sudah biasa dengan windows versi sebelum-sebelumnya yang memiliki tombol menu start.
  • Adanya pembaruan pada windows hello, sebelumnya windows hello hanya ada ketika kita melakukan booting awal dan saat ada di menu lockscreen saat akan masuk ke halaman desktop saja, tetapi kini pembaruan yang diberikan menjadikan windows hello bisa kita atur agar bisa tampil juga saat kita membuka program-program aplikasi yang kita inginkan.
  • Peningkatan pada fitur cortana, kini di windows 10 ada fitur menarik cortana, yaitu salah satu fitur yang ditambahkan di windows 10 dimana kita bisa memberi perintah menggunakan suara tanpa harus repot-repot kita mengetik di keyboard atau pun melakukan klik, salah satunya adalah untuk unlock screen. syarat kita bisa menggunakan cortana adalah pc atau komputer kita harus terhubung ke jaringan internet (online).
  • Lalu fitur selanjutnya yang ditambahlan adalah Tablet mode, kita bisa menggunakan PC atau komputer kita tidak hanya sebagai perangkat desktop saja tapi bisa sekaligus kita gunakan menjadi perangkat tablet terutama bagi user notebook touch screen fitur ini sangat menguntungkan sekali. Untuk mengaktifkan fitur tablet mode kita cukup pergi ke action center dan disana ada menu tablet mode silihkan kalian klik.
  • Menghadirkan fitur CLI(command line interface), dalam windows 10 ini terutama yang anniversary edition telah menghadirkan fitur CLI(command line interface) dimana kita bisa mengetik baris perintah menggunakan tulisan, dimana biasanya CLI(command line interface) umumnya hanya digunakan pada sistem operasi linux saja, sedangkan untuk windows menggunakan GUI(Graphic User Interface), ini merupakan salah satu gebrakan yang diberikan oleh microsoft.
  • Dark Theme, dalam windows 10 anniversary kini menghadirkan tampilan atau tema dark theme, dimana sebelumnya terlebih dahulu sudah hadir di windows phone versi 10. Kita bisa menggunakan tema gelap, sehingga bagi kita yang sering terbiasa berlama-lamaan di depan PC atau komputer kita, tidak harus menggunakan screen filter lagi untuk mengurangi cahaya dari monitor PC atau komputer kita agar tidak silau dan nyaman dipandang oleh lensa mata kita.
  • Adanya opsi pilihan baru yang terdapat pada menu task bar, salah satunya adalah pilihan untuk mengaktifkan cortana di task bar.
  • Tool untuk membaca teks atau text to speech lebih cepat, sehingga bisa mempersingkat waktu yang dibutuhkan untuk menggunakan fitur ini salah satunya adalah jika kita menggunakan google narator untuk membaca teks kita.
  • Pembaruan pada notifikasi windows, notifikasi di windows 10 lebih menarik dengan menghadirkan notifikasi on screen dengan tampilan semi transparan, selain itu juga memudahkan kita mengakses notifikasi yang diberikan tanpa harus meninggalkan project yang sedang kita kerjakan
  • Adanya tambahan icon untuk notifikasi dari setiap program apliaksi, misalnya saja logo email ketika ada email masuk, gambar flashdisk ketika ada flashdisk yang dimasukan, dan sebagainya. Hal ini merupakan salah satu yang menjadikan windows 10 sangat menarik interfacenya.
  • Selanjutnya adalah adanya program aplikasi bawaan untuk menggambar ataupun mendesain yaitu windows ink, fitur ini memungkinkan para user dari windwos 10 dapat menulis ataupun menggambar menggunakan jari kita di layar(touch screen), touchpad,  mouse, dan sebagainya.
  • Digantinya Internet Explorer dengan Microsoft edge,browser bawaan microsoft windows internet explorer yang sebelumnya dikenal oleh masyarakat umum yang sangat lelet, kini telah diperbarui dan diganti namanya menjadi Microsoft Edge. Banyak sekali pembaruan-pembaruan dan fitur-fitur yang ditambahkan dalam browser bawaan microsoft windows, tampilannya pun kini sudah cukup modern dan menarik, salain itu kata kecepatan dari microsoft edge jauh lebih cepat dibandingkan pendahulunya internet explorer.
  • Lalu ada banyak juga pembaruan yang di berikan oleh microsoft kepada anti virus windows, yaitu windows defender. Di windows 10, antivirus bawaan yang diberikan(wundows  defender) menjadi lebih peka terhadapa malware-malware atau virus yang masuk ke PC atau komputer kita, selain itu pada proses scaning storage device pun menjadi lebih cepat.
  • Dll, masih banyak sebenarnya yang belum saya sebutkan :D.

Hal yang perlu diperhatikan saat akan melakukan instalasi :

Pertama-tama siapkan mental kalian kawan jika ada hal-hal yang tidak diinginkan, hal tersebut tidak akan terjadi jika kalian mengikuti dengan seksama langkah-langkah berikut, oke lansung saja simak cara instal semua windows di PC menggunakan Flashdisk, CD, dan DVD di bawah ini.
Cara Instal Windows di PC Menggunakan Flashdisk, CD, dan DVD Dengan Mudah
1. Backup semua data kalian pada drive selain C atau selain drive instalation system. Biasanya pada PC sudah ada beberapa partisi drive. Atau bisa juga lebih aman dengan cara dibackup menggunakan hardisk external.
2. Siapkan file .iso yang bisa kalian beli di situs-situs online, atau bisa juga dengan versi gratisan yang bisa didapatkan disitus resminya di www.microsoft.com.
3. Siapkan Flashdisk atau DVD CD(minimal 4GB) untuk tempat bootable atau instalan windows 10
4. File .ISO  yang telah kalian download tidak bisa begitu saja dicopy ke Flashdisk atau Hardisk, Kita harus membuat file .ISO tersebut menjadi bootable agar bisa terbaca di bios, untuk membuat bootable kita bisa beberapa software tambahan jenis software windows cd burning software, salah satu dari windows cd burning software adalah windows cd burning software rufus, dan juga power iso, disini saya akan menjelaskan tentang windows cd burning software jenis rufus.
Cara menggunakan Rufus : Download dan Instal rufus, setelah selesai instalasi jangan dibuka terlebih dahulu. Kemudain setelaj itu kalian masukan Flashdisk atau DVD CD kosong pada PC atau komputer kalian, jika sudah kalian pastikan flashdisk atau DVD CD kalian kosong dan sudah kalian kalian masukan maka langkah selanjutnya adalah barulah kalian buka program aplikasi rufus kalian, maka otomatis program tersebut akan mendeteksi flashdisk atau CD DVD yang di masukan.Setelah kalian masukan maka kalian cari file iso windows 10 yang  kalian punya, dengan cara klik tombol berkas berwarna kuning yang ada, lalu klik browse di mana tempat kalian menyimpan file iso windows 10 tersebut. lalu klik start, Kalian tunggu beberapa menit sekitar 10 menit hingga prosses pembuatan bootablenya selesai :D.
5. Langlah selanjutnya setelah kalian selesai membuat bootable file iso windowsnya adalah mematikan PC atau komputer kalian, tunggu sampai benar-benar mati.
6. Kemudian kalian pastikan jika untuk laptop minimal baterai yang tersisa adalah sekitar 70% atau bisa sambil kalian charger untuk menghindari betrai habis saat proses instalasis, setelah itu kalian masuklah ke BIOS PC atau komputer kalian, bisa kalian lakukan dengan menekan  DEL, ESC, F2, F8, F12 tergantung sistem PC sobat, jika belum tau bisa dicoba satu perstau ataupun melakukan searching di internet.
7. Selanjutnya setelah kalian berhasil masuk ke BIOS yang harus kalian lakukan adalah mengganti boot prioritiy #1 ke Flashdisk atau  CD DVD yang sudah berisi bootable windows 10 kalian. Setelah itu kalian save dan exit, setelah kalian save dan exit maka PC atau komputer kita akan melakukan restart dan biarkan saja proses tersebut(PC atau komputer sedang membaca bootable yang ada di perangkat yang kita gunakan untuk instalasi).
8. Lalu setelah PC atau komputer kita selesai membaca bootable tersebut Maka akan tampil layar oading windows 10, biarkan saja sampai muncul ada beberapa pilihan, lalu selanjutnya kalian klik next saja :D.
9. Setelah itu akan muncul beberapa pilihan lagi, kalin langsung pilih saja Instal Now.
10. Setelah kalian klik instal masih ada beberapa opsi lagi yang muncul yaitu pilihan Upgrade dan Custom kalian pilihlah yang custom.
Setelah kalian memilih custom maka akan ada jendela yang menyuruh kalian untuk memasukan serial number dari microsoft windwos yang kalian punya (jika windows yang kalian miliki bajakan, kalian bisa searching untuk mencari serial numbernya), atau jika kalian rasa tidak ingin memasukan serial nummber bisa kalian klik skip saja.
11.Setelah itu kalian akan disuruh untuk membuat partisi di PC atau komputer kalian lalu kalian lakukan seperti cara gambar yang tampil dibawah ini untuk mengatur partisinya :

  • No 1 adalah drive C dimana kalian harus ingat sebelumnya untuk mengingat nama drive dengan membedakan dari ukuran kapasitas ruang hardisk kalian. Lalu kalian klik pilih.
  • Selanjutnya untuk 2 lalu kalian klik format jika ingin melakukan clean instal atau tidak usah jia kalian tidak ingin semua file kalian yang ada di PC ataukomputer kalian hilang.
  • Selanutnya kalian sorot lagi drive C yang akan di isi sistem windows 10.
  • Kemudidan jika sudah kalian klik Next.
12. Selanjutnya akan muncul jendela proses instalasi kalian tunggu hingga proses instalasi selesai(terkadang saat proses instalasi PC atau komputer kita melakukan restart hingga beberapa kali, kalian biarkan saja tidak usah panik ataupu khawatir) dan jika sudah selesai pun PC atau komputer melakukan restart sendiri.
13. Setelah selesai akan muncul beberapa jendela seperti saran mengisi serial number bisa kalian skip saja. Lalu jika ada tulisan "hwo own this pc" maka pilih "i own it"kemudian next.
14. Jika keluar tulisan"make it yours"  kalian harus memasukan akun microsoft atau jika kalian belum punya akun tersebut bisa juga kalian lewati terlebih dahulu dengan memilih "skip this step".
15. Selanjutnya kalian isikan nama komputer kalian, dan password komputer kalian (untuk password bisa kalian kosongi saja).
16. Selesai, selamat kalian telah berhasil melakukan instalasi sistem operasi windows 10 di PC atau Komputer kalian :D.

Sekian artikel dari saya kali ini tentang Cara instal windows lewat flashdisk CD DVD jika ada yang masih bingung bisa kalian tanyakan melalui kolom komentar yang sudah saya sediakan dibawah artikel cara mudah instal ulang windows di PC/Komputer, semoga artikel di NbTekno dari saya kali ini bisa bermanfaat, Terimakasih telah berkunjung.

Dilarang menghina, Promosi (iklan), Menyelipkan link aktif, dilarang berkomentar berbau porno, Spam, Sara, Politic, Provokasi, Berkomentarlah dengan bijak, Sopan, Dan sesuai artikel (OOT)
EmoticonEmoticon